Senin, 17 Oktober 2011

PENGARUH FACEBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Facebook sebagai salah satu situs jaringan sosial yang paling digemari di dunia telah memikat hati para penggunanya. Termasuk para siswa sekolah dasar yang usianya masih relatif kecil. Facebook memiliki berbagai macam layanan yang membuat penggunanya betah mengakses situs tersebut. Hal inilah yang memnyebabkan penggunanya tidak mau lepas darinya.
Pada dasarnya facebook memiliki manfaat bagi para siswa yang gemar mengaksesnya. Namun disaat keefektifan waktu belajar mereka tersita, itu menjadi suatu hal yang sangat buruk. Dimana usia siswa sekolah dasar yang sejatinya adalah belajar sekarang menjadi sibuk menarikan jarinya di atas keyboard komputer.

1.2  Rumusan Masalah
Dari pemaparan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang bisa di ambil adalah :
·         Mengapa para siswa suka mengunjungi situs facebook?
·         Adakah pengaruh facebook terhadap penurunan minat belajar siswa?
·         Bagaimana caranya agar siswa bisa memanfaatkan facebook lebih efektif?

1.3  Tujuan Penelitian
·         Untuk mengetahui mengapa siswa sering mengunjungi situs facebook
·         Untuk mengetahui pengaruh facebook terhadap penurunan minat belajar siswa
·         Untuk mengetahui cara agar siswa bisa memanfaatkan facebook lebih efektif



1.4  Manfaat Penelitian
·         Agar para siswa bisa menggunakan facebook lebih efektif
·         Agar orang tua tidak khawatir akan minat belajar anaknya



























BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Pembahasan Teori
     Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

2.2 Kerangka Pemikiran dan Argumentasi Keilmuan
    facebook membuat nilai para pelajar menjadi lebih buruk dibanding pelajar yang tidak mempunyai facebook. Hal ini disebabkan anak-anak cenderung menjadi malas belajar, hanya facebook yang membuat mereka rajin membuka internet.
















BAB III
METEDOLOGI PENELITIAN

3.1 Waktu dan Tempat Penelitian
      Penelitian dilaksanakan pada :
·         Tanggal     : 26 September 2011
·         Tempat      : SMK N 3 Singaraja
·         Waktu        : 09:30 – Selesai

3.2 Metode dan Rancangan Penelitian
      Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
      Rancangan penelitian :
      Penelitian akan di rencanakan di SMK N 3 Singaraja pada tanggal 26 September 2011 pada pukul 09:30 – Selesai. Setiap siswa yang menjadi sampel penelitian akan di wawancarai tentang intensitasnya dalam penggunaan facebook dan intensitas belajar serta prestasi sebelum dan setelah penggunaan facebook.

3.3 Populasi dan Sampel
      Populasinya :
·         Kelas X TKJ 2
Sampel :
·         Secara acak di ambil 5 orang siswa kelas X TKJ 2

3.4 Instrumen Penelitian
      Alat-alat yang digunakan :
·         Kertas
·         Pensil/pulpen
·         Penggaris
·         Penghapus/Tipe X
3.5 Pengumpulan Data dan Analisis Data
      Sebelum Siswa menggunakan facebook
No
Nama Siswa
Intensintas Penggunaan Faceboook/hari
Intensitas Belajar/hari
Nilai Prestasi
1
Siswa 1
-
3 jam
85
2
Siswa 2
-
2 jam
80
3
Siswa 3
-
2 jam 30 menit
83
4
Siswa 4
-
1 jam
75
5
Siswa 5
-
1 jam 30 menit
78

     Setelah Siswa menggunakan facebook
No
Nama Siswa
Intensitas Penggunaan Facebook/hari
Intensitas Belajar/hari
Nilai Prestasi
1
Siswa 1
3 jam
1 jam
75
2
Siswa 2
1 jam 30 menit
45 menit
70
3
Siswa 3
2  jam 30 menit
50 menit
73
4
Siswa 4
1 jam
30 menit
60
5
Siswa 5
2 jam
35 menit
65











BAB IV
HASIL PENELITIAN

4.1 Jabaran Variabel Penelitian
      Variabel dalam penelitian ini adalah :
·         Variabel bebas/manipulasi : Intensitas penggunaan facebook
·         Variabel Terikat : Intensitas belajar dan nilai prestasi
·         Variabel Kontrol : Situs jejaring social yang digunakan

4.2 Hasil Penellitian
      Menurut hasil penellitian, minat belajar siswa menurun ketika dia menggunakan facebook. Sehingga prestasi siswa di sekolah menurun.

4.3 Pengajuan Hipotesis
      Ada pengaruh penggunaan facebook terhadap penurunan minat belajar siswa sehingga berdampak pada penurunan prestasi siswa di sekolah.














BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

5.1 Simpulan
      Simpulannya bahwa facebook berdampak negatif terhadap siswa dimana jika facebook tidak digunakan secara efektif dan bijaksana maka akan mempengaruhi (menurunkan) intensitas belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa ikut menurun.

5.2 Saran
·         Sebaiknya penggunaan facebook dapat di batasi sehingga tidak mengganggu intensitas belajar.
·         Orang tua harus ikut mengawasi anak dalam penggunaan facebook.

















1 komentar: